Simple Gift

Knowledge is not skill, knowledge plus 10.000 repetitions creates skill – (Sinichi Suzuki)

Belajar Biola 02 – Mengenal Biola Dan Cara Menyetem

Belajar Biola 01 – Pendahuluan & Tujuan (Panduan Dasar Belajar Biola)

_____________________________________________________

Ada Penambahan

Mengenal Biola Dan Nama Setiap Bagiannya

 

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

___________________________________________________________________

 

Penalaan (Menyetem) Biola

@ Biola dapat di tala (distem) dengan bantuan keyboard psr 2100 (atau tipe lainya).

@ Nada G (senar G) pada biola bunyinya harus terdengar sama dengan nada G seperti yang ditunjukkan pada keyboard. Hal ini berlaku untuk ketiga senar lainnya (D, A dan E).

 

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

___________________________________________________________________

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

 


@ Tuning peg di putar (Gambar 1) ke depan : untuk menaikkan nada (mengencangkan senar), ke belakang : untuk menurunkan nada (mengendorkan senar).

@ Kencangkan tuning peg sambil diberi sedikit tekanan (dorongan ke dalam), supaya tidak mudah kendor.

@ Hati-hati saat memutar tuning peg, terlebih untuk biola yang harganya dibawah 1 juta (pengalaman pribadi, seperti biola milik saya sendiri), tuning peg mudah patah, karena kualitas kayu yang digunakan kurang baik (Gambar 2). Tapi dapat diganti, karena suku cadang ini di jual di toko musik.

* Teknik penalaan pada biola berbeda dengan teknik penalaan pada gitar. Gitar menggunakan sistem layaknya baut dan mur, sedangkan biola, tidak.

@ Jadi, pada biola, tuning peg dikencangkan secara perlahan, satu demi satu secara menyeluruh, jangan main tancap gas :-) hanya pada satu senar saja langsung menuju nada yang diinginkan.

Secara menyeluruh maksudnya :

  • Saat memutar tuning peg, lakukan pemutaran “sedikit” demi “sedikit” pada semua tuning peg.
  • Mulai dari senar G (misalnya) : putar “sedikit”, lalu menyusul (misalnya) senar E juga “sedikit”, dan seterusnya hingga mencapai penalaan yang sesuai.
  • Hindari pemutaran/pengencangan tuning peg (penalaan) secara langsung untuk mencapai nada yang tepat untuk satu senar saja, atau . . .
  • Hindari mengencangkan satu senar saja (misalnya hanya senar G) hingga mencapai nada sebenarnya (nada G). Hal ini dapat menyebabkan senar biola anda putus, apalagi jika kualitas senarnya boleh dibilang jelek. Bukan berarti senar yang berkualitas dapat diperlakukan semaunya :D

*keterangan “sedikit” demi “sedikit” = jarak putaran antara 1 s/d 5 mili.

@ Terkadang, menyetem menggunakan tuning peg akan langsung mendapatkan bunyi yang tepat/ sesuai, jika belum, maka penalaan dilakukan dengan menggunakan fine tuning (Gambar 3).

@ Fine tunging di putar perlahan ke arah kanan untuk menaikkan nada atau ke kiri untuk menurunkan nada sehingga dapat menghasilkan penalaan yang sesuai.

@ Untuk penalaan yang akurat, sebaiknya gunakan alat penalaan digital (digital tuner) seperti gambar dibawah ini. Ada banyak jenis digital tuner , apabila telinga kita sudah “terbiasa”, maka kita dapat menggunakan violin pitch pipe.

Chromatic Tuner

Penambahan 1 (pending)

@ Selain untuk menyetem, Digital Chromatic Tuner ini sangat bermanfaat jika digunakan dalam berlatih, hingga kita bisa melihat dengan jelas apakah nada yang kita bunyikan sudah tepat atau belum (bersambung / cara penggunaannya akan segera saya jelaskan). Maaf – bagian terpending lama, kamera saya sedang bermasalah…, soalnya pake kamera hp :)

___________________________________

Penambahan 2

Jika saudara tidak memiliki keyboard atau alat sejenisnya, saya harap file – file suara berikut ini bisa membantu, sebagai penggantinya violin pitch pipe. Ada 3 jenis suara yang saya buatkan…. sementara lihat sendiri dulu (penjelasannya nyusul, saya ketik di word dulu….) Link file penalaan biola – silahkan klik disini.


____________________________

Belajar Biola 03 – Bow & Hars (Rosin)

100 Responses to “Belajar Biola 02 – Mengenal Biola Dan Cara Menyetem”

  1. [...] [1] Peganglah biola seperti yang terlihat pada gambar, yaitu – tangan kiri (telapak tangan) memegang / menggenggam scroll. [...]

  2. mmmm lumayan uda ngk sumbng lagi suara biola q

  3. rozi said

    mas artikel wordpress nya lengkap nih.. :D
    mas ku boleh nanya…
    swaktu nyetem biola sering banget tuh mas senar-E nya putus,,.gmna cara ngatasi nya tuh mas..? udah sering dlonggarkan kalo habis latihan …eh eh ujungya putus juga hahahhaha :D
    apa senar nya emank gak b kualitas (15ribu-45ribu gitu harganya mas) ato sayanya yg gak bkualitas megang tuning peg…tekooooooor boook :D

  4. mas, untuk pemula bagusnya beli biola yg kyk gmn ya, ada jenisnya kah?? bener2 blm kenal sama biola..
    thanks sblmnya :)

  5. teguh aribowo said

    terimakasih mas…tutorialnya, jadi ga sumbang lagi biolaku :)

  6. sani said

    kalo awal2 main biola pegel tangan sebelah yaa hehehehe,,
    mau nanya nih mas kalo untuk jago main biola diperlukan berapa lama ya? , saya belajar otodidak juga,, tutorial dari mas sangat bermanfaat

    • Ruland said

      :) … iya pasti pegel…, ntar klo yang pegel udah terbiasa, pasti gantian yang lain yg pegel hehehehe

      “Jago” itu relatif kok,… klo Untuk dasar yg baik sekitar 2 tahun, kalo mau lebih jago dari itu yaa pasti lbh dari yang bisa kita perkirakan…, tetapi juga tergantung seberapa banyak kita berlatih, dan harus tiap hari (minimal 2 jam/hari).

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: