Simple Gift

Knowledge is not skill, knowledge plus 10.000 repetitions creates skill – (Sinichi Suzuki)

Belajar Biola 05 – Menahan Biola dan Penempatan Jari

Memegang / Menahan Biola

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Memegang Biola 01

Memegang Biola 01

@ Posisi tubuh tegap, dada sedikit dibusungkan (tidak bungkuk), kepala dan pandangan tetap lurus ke depan.

Pegang biola anda (Gambar 1), letakkan diatas bahu (pandangan tetap kedepan) (Gambar 2), lalu menoleh ke kiri (Gambar 3) dan letakkan dagu diatas chin rest (Gambar 4).

____________________________________________________

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Memegang Biola 02

Memegang Biola 02

@ Perhatikan jarak biola diantara dagu dan bahu (Gambar A). Jika tidak menggunakan shoulder rest, maka : bahu dimajukan (Gambar B), sebaiknya bukan diangkat keatas (Gambar C), dan bila perlu, dagu (kepala) dapat “sedikit” menunduk (Gambar B), jika terlalu banyak menunduk, otot leher akan cepat tegang.

Bagi sebagian orang, hal ini tidak menjadi masalah apabila memiliki banyak lemak di bahu dan pipi (dagu) :)

Pemain biola jaman dulu tidak menggunakan shoulder rest dan chin rest (alat ini belum ditemukan), bahkan sekarang-pun tidak sedikit pemain biola yang bermain biola tanpa menggunakan shoulder rest, tentunya ini bukan masalah bagi mereka.

@ Apabila anda memegang biola dengan cara ini (Gambar D), kepala memang akan terasa nyaman, tetapi, beban biola akan tertumpu pada tangan kiri, ini akan menghambat pergerakan tangan nantinya.

@ Saya menyarankan untuk menggunakan shoulder rest, (Gambar E), terlebih bila anda termasuk dalam kategori orang tinggi, kurus atau langsing dsb, tentu memiliki leher yang panjang. Shoulder rest membantu posisi kepala tetap dalam keadaan natural, tidak menunduk, miring kiri/kanan, serta bahu tidak melambung tinggi :). Dalam hal ini, meski tanpa bantuan tangan, biola dapat dipegang (ditahan) oleh bahu dan dagu dalam keadaan tubuh yang rileks.

Selalu ingatkan diri sendiri mengenai posisi tubuh untuk tetap tegap, dan – sekali lagi, apapun pilihan anda (dengan atau tanpa menggunakan shoulder rest), latih-lah didepan cermin dan pertahankan bahu serta dagu (kepala), pada posisi yang nyaman dengan posisi tubuh tetap tegap. Untuk membantu, dada dapat dibusungkan. Ingat!, awal latihan pasti cepat kelelahan, namun jika dilatih perlahan, lama kelamaan akan terbiasa.

____________________________________________________

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Memegang Biola 03

Memegang Biola 03

@ Perhatikan 3 buah titik bulat (lingkaran) berwarna putih, ini menandakan bahwa posisi siku tangan kiri, mata, hidung, dan scroll, bila dilihat dari arah scroll (samping), hampir berada dalam titik vertikal yang sejajar. (Gambar 1 & 2).

@ Siku dan lengan atas tangan kiri disarankan untuk tidak bersandar pada tubuh, yang sering dilakukan pemula untuk menahan berat biola. Hal ini hanya akan menghambat gerakan tangan.

  • Sedangkan garis lengkung merah, arah anak panah menunjukkan posisi siku yang sudah dimajukan dari posisi awal lengan, supaya sejajar dengan mata/hidung dan scroll.
  • Jika siku (lengan) di majukan lagi (Gambar 3), posisi seperti ini memberi support yang baik pada jari.

@ Garis putus-putus berwarna hijau pada gambar 1 menandakan bahwa lengan bawah tangan kiri dan telapak tangan berada dalam posisi lurus (natural).

____________________________________________________

Memegang Biola 04

Memegang Biola 04

@ Telapak tangan sebaiknya tidak bersandar pada leher biola, sebab telapak tangan akan menjadi penghalang ketika tangan hendak bergeser pada posisi yang berbeda (violin volding 04).

____________________________________________________

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Memegang Biola 05

Memegang Biola 05

@ Untuk pemula, letak jari telunjuk menjadi patokan membunyikan nada (menekan senar). titik ruas pertama jari (gambar A), atau ruas pertama jari telunjuk (gambar B), diletakkan pada nut, sehingga ketika jari telunjuk “diturunkan” diatas finger board untuk menekan senar, akan menghasilkan bunyi yang benar (nada B), tetapi ketepatan nada (intonasi) berada pada telinga anda. Gunakan digital tuner sebagai bantuan.

@ Untuk menghasilkan jari yang kuat, ringan, serta rileks, lengkungan jari perlu dijaga (perlu dilatih), ini merupakan poin penting. (gambar B).

Orang yang piawai dalam bermain gitar atau piano, memiliki kemudahan dalam belajar biola.

@ Jari jempol diletakkan pada neck (leher biola), perhatikan titik putih (gambar C) pada jari jempol, anda bisa menggunakan titik tersebut sebagai acuan peletakkan jempol pada neck.

@ Jempol hampir selalu berdampingan dengan jari telunjuk, dan “fleksibel” mengikuti arah pergerakan “jari-jari” (telunjuk, tengah, manis, kelingking) di atas fingerboard.

  • Saat “jari-jari” bermain pada senar G, maka jempol akan bergerak “turun” mengikuti arah pergerakan jari, (gambar D) dan
  • Ketika “jari-jari” kembali lagi dari arah senar G menuju pada senar E, maka jempol akan bergerak “naik” (gambar E)

@ Pergerakan jempol disini sebenarnya hanya sedikit, hal ini akan berjalan secara otomatis ketika anda memahami konsep pergerakannya yang bersamaan ketika lengan (siku) dimajukan. Hal ini berkaitan dengan penjelasan sebelumnya bahwa lengan bawah tangan kiri dan telapak tangan sebaiknya berada dalam posisi lurus.

  • Neck dan fingerboard saya katakan sebagai “pusat pergerakan tangan kiri”.
  • Sekali lagi saya ingatkan bahwa biola dipegang oleh bahu dan dagu, jangan gunakan jari jempol atau jari lainnya sebagai tumpuan untuk menahan berat biola, supaya tangan kiri dapat bergerak leluasa.
  • Awal belajar, pasti kita menemukan banyak kendala, jangan memaksakan keadaan bagian tubuh anda yang lelah (mengalami rasa sakit), sebaiknya beristirahat.
  • Durasi waktu latihan antara 5 sampai 10 menit setiap hari akan mendapatkan hasil yang sangat baik daripada anda latihan langsung selama 2 jam, tapi dilakukan hanya seminggu sekali, atau 1 jam setiap dua hari sekali (ini akan memakan waktu yang lebih lama), ibaratnya “maju tiga langkah, mundur 2,5 langkah”.
  • Jika sudah terbiasa, barulah anda mulai dengan durasi waktu latihan minimal 1 jam dalam sehari.

Video Tutorial

Violin Lesson #4; The Hold & Finger Placement Pt. 1

Violin Lesson #5; The Hold, Finger Placement pt. 2

Violin Lesson #6; The Hold & Finger Placement pt. 3

cermin adalah “guru” biola yang baik

________________________

Belajar Biola 06 – Teknik Menggesek

56 Responses to “Belajar Biola 05 – Menahan Biola dan Penempatan Jari”

  1. Ima N said

    dari semua blog yg saya liat cuma ini yg bisa kasih harapan, soalnya katanya susah kalo belajar otodidak. Berguna banget terimakasih ya :D

  2. jazz said

    wah ngak nyesel nih masuk blog ini, Aku lagi belajar biola kebetulan. Udah suka biola pas semester 4 ke 5 pas aku masi kuliah, tapi aku tinggalin karna ngak punya bukunya. Mau nanya pak ; gimana caranya biar belajarnya ngak bosenin ? Uda seneng suka pak , ada 2 biola kan sayang daripada jadi pajangan. jazz henry

    • Ruland said

      :) Hallo Jazz.. syukurlah jika bermanfaat….

      Hmmm… gampang2 susah supaya latiannya ga bosan…, krn sebenarnya emang membosankan :) jadi yaa dalam proses latihan tersebut kita harus lebih kreatif aja sih …, mungkin nyambi latian yaa disiapkan minum, ato mungkin ada cemilan, tapi yang ga bikin tangan jadi berminyak…
      intinya harus selalu berkata untuk diri sendiri “sy ga boleh nyerah”… dan selalu harus enjoy…

      Banyak faktor yang menyebabkan kita jadi cepet bosan, namun kalau sy pribadi sangat mementingkan kondisi tubuh, ga capek ato ngantuk, krn klo capek/ngantuk, sebagus apapun lagunya, latihan jadi gak asik lagi :)

  3. sayyid said

    thanks pak ruland info2x mengenai biola :D

  4. Achmad Rio said

    thanks ya infonya
    semoga Allah SWT. bisa membalasnya =))

  5. ratna said

    dijual biola js bach 309 asli buatan jerman, barang baru, life time guarantee
    7jt nego
    hub. 083898330180

  6. Anakku si Ais baru berusia 3 tahun (tepatnya 18 April 2012 kemarin)……
    Tapi ia tertarik banget dengan yang namanya Biola……..
    Gara-gara liat iklan shampoo Pantene versi Thailand (Klo gak salah)
    Dia sering banget minta dibeliin yang namanya biola….
    Harganya sih lumayan mahal untuk anak seukuran dia…
    (Ntar malah di banting lagi ama dia…)
    Yang jadi masalah… aku gak ngerti sama sekali dengan alat musik ini…
    Kalo gitar sich masih bisa……
    Semoga artikel Anda banyak membantu……..
    Thanks a lot……..

  7. terima kasih pak! artikelnya menarik pas buanget krn sgt dibutuhkan oleh anak saya yg lagi nyoba2 biola.

  8. tofan said

    om tanya dong kalo shoulder rest penting ga sih? katanya kalo megang biola itu paling bagus kalo sampe bisa lepas tangan buat nahan biolanya bener ga? mohon bimbinganya terimakasih sebelumnya :D

  9. qumil LA said

    halooo,aku 6 tahun baru beli biola.
    mau tanya belajar biola buat tau nada dasarnya tuh berapa lama sih?
    thx

    • Ruland said

      http://ruland.wordpress.com/belajar-biola/

  10. wah anda turut sosialisasi belajar biola, sy setuju dan dukung anda

    • Ruland said

      :) Terima Kasih

  11. Ernawan said

    Salam kenal. Bisa main biola adalah obsesi saya yg baru kejalanin diumur tua. Saya baru beli biola Copy Stradivarius lewat Ebay (mohon komen-nya ttg merk ini), alasan sama ibunya bwt anak tapi anakku msh blum minat kayanya, jadi ya dipake bapaknya saja. Saya otodidak (sy suka main keyboard jg di rumah saja). Apa bedanya viola dengan violin?. Sy belajar sendiri br 1 bulan ini.Setelah lihat panduan ini baru jelas kesalahan2 sy mendasar dlm pegang biola. Waktu stem EADG apa hrs selalu di do=C? Apakah biola ada kunci dasar seperti saxophone? (sax ada yg F# atau B#).

    • Ruland said

      Salam kenal juga Ernawan…

      selamat datang di dunia biola yang bikin pegel… :)

      Copy Stradivarius : hmmmm ???? … jujur aja sy gak bisa memberi komentar apapun tentang hal ini (merk), sy hanya bisa berpendapat sama seperti komen2 saya atas beberapa pertanyaan teman2 mengenai merk.
      Menurut sy, merk tidak selamanya menjamin kualitas, karena merk bisa dibeli oleh perusahaan manapun…, tetapi jenis kayu yang digunakan, umur kayu itu sendiri, serya teknik pembuatannyalah yang menentukan apakah sebuah biola itu bagus atau tidak.
      Nah, masalah lainnya adalah, karakter suara…., sy tidak bisa mengatakan suara biola merk ini / merk itu yang paling bagus,… karena semua tergantung kesukaan telinga seseorang…, ada yang senang suara biola lebih tajam, ada yang senang suara biola yang lebih bulat dan tebal, dsb. Dan karakter suarapun berpengaruh dari umur kayu dan kualitas kayunya juga hehehe

      Kalau Violin dan Viola jelas beda, pertama senar (nada) -> Viola itu ADGC sedangkan Violin EADG – > viola memiliki tambahan 1 nada – C (senar), lebih rendah. Dari body.nya juga – viola lebih besar dibandingkan violin.

      Mengenai do = C,… sudah sy jelaskan, coba Erna baca pada kedua link berikut… :

      01 Belajar Biola 7 – Teori Dan Teknik Menemukan Nada dan
      02 Belajar Biola 8 – Teori Musik

      Semoga bisa membantu… :)

  12. wina said

    halo pak..saya wina..mau nanya..klo bjlr vibra gimana ya??

    • Ruland said

      Hi Wina, bisa lihat tutor.nya pak Todd di sini (klik link dibawah) :

      Violin Lesson #22 – Vibrato (hand/wrist)

      Sebelumnya maaf yaa, krn Vibra memang tidak sy jelaskan diblog karena blog sy hanya untuk panduan dasar…, :)

      Pada dasarnya kalau bahu udah kuat buat megang (menahan) biola, dan jarinya juga udah kuat,… vibra akan lebih mudah, meski hanya dengan melihat sepintas… :)
      semoga membantu.

  13. [...] Sumber ide : Lindra : respon pada belajar-biola 05 – comment 77 [...]

  14. pak, klo tanpa shoulder rest bakalan bisa gak ya belajar biola, ? by the way shoulder rest harganya kira2 berapa ya,,

    • Ruland said

      Percayalah pada dirimu sendiri… pasti bisa :), Shoulder Rest, kisarannya antara 50rb s/d 200rb, punya sy yang ada di gambar : http://ruland.wordpress.com/belajar-biola/belajar-biola-02-mengenal-biola-dan-cara-menyetem/ harganya 75rb (hrg semarang).

      • wina said

        bisa..awalnya saya juga bljr tanpa shoulder rest :)

  15. Elly said

    hi… apa yg hrs diperhatikan sblm membeli biola? jenis biola apa yg cocok utk pemula? Apakah merk “Sandner” itu bagus? atau ada usul yg lain? saya pengen bljr main biola, rencananya mau privat gitu….. thanks atas responsnya… :)

    • Ruland said

      Hi Elly, sy tidak bisa memberikan solusi merk yang baik, krn merk itu sangat relatif, kalau ditempat Elly ada tempat les privat, coba tanyakan disitu, mereka pasti mau memberikan gambaran … krn jika mau bersungguh2, sebenarnya cukup banyak yang harus diteliti dengan telaten… tapi maaf, bagian ini belum sempat kutulis tips.nya… krn ada sedikit kendala dgn kamera :)

    • yasunorikuroki said

      Sandner kayaknya bagus, tapi ada yang ga suka karena kata pendapat org tsb suara nya mendem dan kurang bulat suaranya mungkin karna ketebalan bridge nya atau karna biola baru suaranya mendem dan lama lama baru open up mungkin kira kira setaun kalu sering dimainkannya. untuk gambar bisa ke KASKUS, kata kuncinya adalah “Js bach 306″ soal harga si rasanya dia mengatasi cremona, kalu ga salah Cadenza majang di kaskus juga khan. dia majang gambar JS bach atau sandner.

    • yasunorikuroki said

      http://www.old-violin-shop.com/Things_to_Consider_When_Buying_a_Violin.html

      lihat situ :Things to Consider When Buying a Violin

  16. sri dewi said

    saya baru belajar biola, pertama kali belajar tangan kiri saya pegel sekali.
    saya belajar biola ada kendala yakni jari kelingking saya masih kaku,,
    caranya gimana ya untuk ngelenturkan jari,,??

    • yasunorikuroki said

      pertama kali mang pegel, problem mu rasanya wajar, seblum main pemanasan dulu, regangin tuh jari jari. buat kelingkingmu yang kaku itu, cuma ada 1 cari, yaitu “dipake”. Anggap kamu kaga memiliki jari telunjuk ,en slalu gunakan tengah ,manis, dan kelingking buat penjarian. bila kamu skarang ada di posisi senar 1(E) klingking dipake buat nekan ke senar 2(sebelahnya)

  17. ricky said

    syallommm bung mau nanya dong…

    saya baru beli biola, tapi pengen bisa main biola…
    panduan langkah pertama dalam bermain biola apa sih bung…
    dan cara mensetel biola itu kaya apa…
    makasih

    • yasunorikuroki said

      nyrobot jawaban lagi, blajar gesek senar terbuka, alis ga pake tekan senar, jadi belajar gesek dulu namanya (bowing) ketimbang finggering (penjarian) biasanya kalu tangan belum biasa atau belum pemanasan dulu begitu gesekan dari arah bawah menuju atas tongkat geseknya terasa makin berat dan tangan jadi gemeteran nahannya, bunyi suaranya jadi seperti orang menggigil kedinginan, kadang jadi bunyi berderit bila klingking ga membantu meringankan beban penggesek, tuning aje pake pianika not angka 3 6 2 5 (mi la re sol) alias E A D G, kalu dah hampir dekat nada yang diinginkan jangan puter yang putaran besar, pakai yang putaran kecil (fine tuner atau string edjaster), cara stem lain pakai garpu tala, ketukkan garpu tala itu kemana kek gitu, pegang bagian bawahnya ,jangan bagian yang bercabangnya, lekatkan bagian terbawah dari garpu itu di bodi biolanya, nanti nada yang dengar itu adalah A, itulah nada senar terbuka ke 2 setelah senar yang paling tipis(senar di sebelah E).

  18. syallommm…
    bung saya mau nanya bung…
    saya kan baru beljar biol hanya untuk iseng waktu senggang aja…
    setelan biola sama kaya gitar yah bung…itu aja bung trimaksih….
    tuhan memberkati….

    • yasunorikuroki said

      maap kalu nyerobot jawaban, jawabannya ga sama, bukankah gitar punya 6 senar? namun biola hanya 4, seteman/stel senar/tuningnya beda sama gitar, biola dari senar terkecil ke senar yang tebal adalah E A D G ,itu adalah mi la re sol pada Do = C, dalam mengencang dan kendurkan senar Hati hati ada yang bikin kaget, BRIDGEnya(potongan bilah kayu dimana ke4 senar bertumpu) jatuh karna miring ke arah depan ketarik ma senarnya, selalu peratikan dan perbaiki posisinya, bila dilakukan pengencangan atau pengenduran senar, kaki bridge harus pas dengan bodi biolanya, timpang kaki(salah satu atau kedua kaki bridgenya bercelah dikit aje) timpang juga kualitas suaranya.

      • Ruland said

        Hi Yasunori… :) tidak menjadi soal, sy malah bersykur jika ada yang mengerti dan turut berpartisipasi dalam berbagi pengalamannya… terima kasih sudah membantu.

  19. aiz lamere said

    aku ais… pengen belajar biola..
    tapi di kotaku Ambon belum ada guru les biola

  20. dinna said

    mau nanya,, harga biola berkisar antara berapa yah?
    terus cara tau klo itu biola bagus atau ngga gmana? atau smua biola sama?
    soal.a aq pengen belajar biola..
    hihii

    • yasunorikuroki said

      612.000 sampai tak terhingga wkwkwk cremona 3/4 gue sv75 buatan cina purfling palsu seharha 612 ituh wkwkwk, tapi ga da dia ya ga blajar biola en kutak kutik soundpost sendiri yang arusnya jadi kerjaan pembuat biolanya wkwkwk

  21. [...] Sumber ide : respon pada belajar-biola 05 – comment 77 [...]

  22. iik said

    hai..hai…
    saya mau tanya…sejak lama saya ingin balajar biola, tapi baru dapat izin sekarang dr ortu (setelah lulus SMA).
    belajar biola itu lebih baik otodidak atau privat??? dan cost’a kira-kira berapa????

    • Ruland said

      Salam Iik….

      Jika ditempat domisilimu ada guru biola, privat merupakan pilihan terbaik…

      Otodidak saya bagi menjadi 2 :
      pertama, belajar dari melihat orang bermain (tanpa panduan atau buku), kemudian meniru.
      Kedua, belajar sendiri menggunakan buku penuntun.

      Belajar secara otodidak, menurut pendapat saya butuh ekstra kesabaran, karena kita harus memahami banyak hal sendiri, tanpa bantuan seorang guru.

      Mengenai Cost…

      biola itu alatnya boleh dibilang murah, tetapi suku cadang yang cukup baik tergolong mahal, seperti senar, hars, dan juga bow…
      jika ditambah biaya les, yaah itu semua tergantung kita juga, dan biaya les di tiap daerah kan beda2, mungkin saja antara 250 s/d 500 ribu per bulan?, bahkan ada yang 150 rb per sekali pertemuan (1 jam), dan lain sebagainya.

  23. Lindra Gultom said

    Nanya ya….

    Untuk penempatan jari mungkin gk ya berpengaruh terhadap ukuran biola?
    Karena sy ngerasa agak sulit menggerakkan jari2, tp emg s kayanya biolanya kegedean (4/4). Cmn tmn bilang “bukan karena ukuran, dilatih aja dulu..”.

    Kira2 gmn y?? apakah benar krn ukuran sehingga jari sulit d gerakkan dengan leluasa??

    Tq.

    • ruland said

      Ukuran…, hmmm sedikit sih, pengaruh kegedean biasanya terasa lebih berat/besar dan rasanya kayak biolanya kepanjangan :), dan penempatan jarinya-pun ikutan renggang, apalagi kalau jarinya Lin termasuk imut2…

      Sy waktu awal, biolaku sebenarnya pas dan ringan buatku…., tapi karena pake jempol untuk nahan berat biola eee jari telunjuknya ikutan nahan hehe (belum pake shoulder rest), yaa tetep aja jarinya kurang leluasa, wajar sih…, karena belum terbiasa, dan cukup lama sih, kira-kira setahun baru aku bisa ngerasain dengan benar kalo jariku ternyata masih nahan berat biola…

      Saya setuju dengan temanmu…, hanya perlu dilatih – hehehe bahu dan dagu perlu kerja keras buat nahan…., supaya kerjaan jari lebih ringan – keep fighting..

      Eh iya aku pernah nonton video konser (orkes) di Jepang, ada pemain biola alto, wanita (asian), main biola alto ukuran 4/4, buset, kelihatan banget kalau biola alto-nya itu kepanjangan buat dia :D lengannya aja hampir lurus buat megang, tapi sialnya jarinya itu kayak kepiting, santaaai banget… jadi ngiri… hehehe

      • Lindra Gultom said

        Hehhehe, Tq y motivasiny :)

        Tau aja imut2 heheeheh

        Semalam uda coba belajar2, tnyata jari2ny susah bgerak krn cara megang biolany yg blm benar :D

        wah, brarti ukuran bkn jadi alasan untuk tidak bisa main y…
        Mereka2 itu emg hebat2… Kmrn2 jg pernah lihat d tv, ce korea main piano dgn sangat lincah pdhal jariny gk lengkap n dianya ada keterbelakangan mental.
        Mungkin uda bakat dr sanany.. :)

        • ruland said

          Sama-sama…. :)
          Yap,ukuran bukan alasan untuk tidak bisa main, :D

          hehehe kalau saya bakat itu belakangan :)…
          1. Kemauan
          2. Kesabaran (jangan kebelet hehe)
          4. Kerja keras (tekun)
          7. Step by Step
          6. Jangan putus asa
          7. Motifasi (Motifator)
          8. Bakat
          9. Pray
          lho??? waaaa bisa jadi bahan buat nulis lagi nih hehehe thanx

          • Lindra Gultom said

            Heheehh,

            Sbnrny klu ngomongin yg no 1 kynya uda sangat tinggi :D, tp klu d bilang sabar kynya agk kurang heheeheh
            Slny bingung jg buat penjadwalan untuk tiap2 step. Slny gk ada ukuran apa step 1 uda benar bs atu gk hheehehhe (jd curhat ne :D )

            Tq y penjelasanny :)

            Slamat nulis aja y :)

      • yasunorikuroki said

        kesulitan karna ukuran? masuk akal, lebar bodi atas ukuran 3/4 sekitar 15 1/2 senti, 4/4 = 16 senti lewat 2 garis kecil. papan pencet jari yang 3/4 panjangnya skitar 25 1/2 senti sedangkan 4/4 mencapai hampir 27 senti. bagian terlebar dari papan pencet jari 4/4 sekitar 4 senti lebih 3 garis, sedangkan bagian yang sama pada biola ukuran 3/4 dapat dikatan 4 senti pas.

  24. Ritz said

    Om, aku tertarik ma situs om soalnya brguna bgt. Om, aku pemula, gak taw knapa ku tiba2 pgn bgt blajr biola. pdhl gag boleh ma ortu n aku gak tahu menahu soal biola. alhsil ku cari n beli biola sndiri. Dan, ku dpt biola dr temen, kondsi rusk parah, tp krna niat, akhrnya ku betulin satu2 smpai nyita uang saku aku. Umm, aku blajr otodidak, smpai akhrnya aku isa maenin satu lagu, tapi cuman pake satu senar. hahahaha, aku sndri ga taw, ap tu bs dkataen prmainan biola… om, ajarin blajr biola pake 4senar, coz ku ga pernh maen alt musik apapn. bru nie yg ptama… trma ksih

    • ruland said

      Hallo Ritz, terima kasih….

      menurut saya : tidak penting apakah kita pandai atau tidak, yang penting “bisa” bermain alat musik, tetap aja disebut pamain biola/keyboard misalnya…. :D

      Oya…. yang penting Ritz belajar tentang tangga nada dan cara mencari nada, itu sudah menjadi dasar yang cukup untuk bermain pake 4 senar…..

      Btw, Jangan bosan dan menyerah dalam melakukan latihan… semangat!!!

    • yasunorikuroki said

      doremifasol bila dimulai dari senar terbuka alias ga tekan senar, dari mana aja jadi. bila dimulai dari snar yang paling tebal, katakan lah itu dijadiin do, re nya adalah 1 buku jari di depannya, selalu seperti itu untuk not angka 1->1 tinggi, hanya mi fa dan si do yang tinggal geser jari dikit. bila do nya snar terbuka maka sol nya berlokasi di snar sebelahnya yang juga snar terbuka, bila ga pas maka stem awalnya yang ga beres.

      main 1 senar? itu ga aneh. bila dah sampe pada snar E (paling tipis, dan penghasil suara tinggi) khan ga ada snar brikutnya, ada kalanya bahkan klingkingmu pun perlu maksa mencapai daerah ujung papan pencet jari itu, yang tentu aja bakalan menbuat otot tangan menegang semua.hehehe

  25. iyuth said

    salam kenal, saya baru beli biola, tp saya blm pernah memainkannya.
    saya msh pemula bgt,, dan mulai belajar dgn cara membaca artikel2 bpk dan sangat bermanfaat. terimakasih ya pak.

    kl blh mt tlg pak, ada video’a gt, yg benar2 belajar bt dasar2′a gt, ama partitur biola gt ada ndak ya??
    thanks..

    • ruland said

      Salam kenal juga Iyuth,…. jika bisa bermanfaat saya juga berterima kasih kembali…
      :D mohon maaf ya Iyuth, untuk video memang “belum bisa” saya sediakan karena “beberapa alasan”, salah satunya adalah saya tidak memiliki media perekaman (handycam), komputer serta program penyuntingan yang memadai… mungkin alternatifnya Iyuth bisa pake DVDnya Ric Sanders (terjemahan teks indonesia)… di Gramedia ada, cover-nya seperti ini (bisa lihat di link berikut) :

      http://img188.imageshack.us/img188/2461/picdvd.jpg

      Semoga dapat membantu, tapi kalau partitur pasti saya sediakan, sekarang masih dalam proses pembuatan…

      Syalom :-)

    • yasunorikuroki said

      blum pernah mainkan? MAINKAN! biar cuman esek esek asal, mainkan!, kayunya perlu getaran. Ane sophie mutter, seorang solois cerita kalu ia punya pengalamaan kalu dijerman banyak orang biolanya digantung di dalem lemari kaca pajangan dan saat dikeluarkan kehilangan kualitasnya. alat musik bersenar mati saat tak dimainkan. biola strad di musium ada beberapa, dan kepala musiumnya memainkan biola biola itu tiap harinya masing2x 10 menit, diabilang agar kayunya mendapat vibrasi(getaran) agar tak tenggelam dan hal yang membuat jaya biola itu terlupakan.

  26. Reza said

    Om..Minat bgt nich belajar biola,tp gak pernah pegang sama sekali, cuma bisa dikit maen gtar+keyboard! Kira2 g bagus ga om kalo beli dulu biolanya,walau gak tau sama sekali biola?Hehehe

    • ruland said

      Lam kenal Reza :),…. hmmm bagus nggaknya itu relatif, aku punya cerita,
      ada siswi kelas 2 SMP (sekarang-2010), dia tuh sudah punya biola sejak kelas 4 SD, waktu bertemu, saya bingung :D.., cuma salut aja, dia berani minta dibelikan karena pengen tau, meski belum ngerti sama sekali….
      tapi ini kembali pada Reza sendiri sih…. kalau ragu ragu, mending jangan…

      Alat musik itu saya bilang jodoh ama pemiliknya…. sebanyak apapun alat musik yang bisa kita mainkan, pasti ketemu satu yang paling cocok di hati hehehe

      • dinandjait said

        bang Ruland, dilanjutkan dong sambungannya.
        ditunggu nih bang. :D

        • ruland said

          Hehehe trims bang Dinand, n sory, :D sudah saya lanjutkan….

      • Fendy said

        ia pak ruland …. ni Fendy ,,,,

        Cerita ku di kota ku g ada biola ,,,, emang jodohh
        yg buat biola tiba tiba beli lampu di toko ku ..! lalu aq di ajak kerumahnya untuk liat pertama kali biola @_@ ///…

        MAs elert ^^ Thx

    • yasunorikuroki said

      Reza bilang minat? menurut saya sih itu kunci awalnya, bagus, cari biola murah aja dulu, bagi pemula, nada yang kaya, varnis indah belumlah begitu penting, pokoknya awal awal mah trabel fri (bebas masalah) dalam kehidupan bermusik. setelah tau dan mang dah rada bisa dan ternyata makin meminatinya, itu bagus, baru boleh cari yang mahalan, dikuatirin jadi barang mati dirumah, jangan kan kita pake tu biola buat ngasilin uang ke kita, dimainin aja kaga nanti, sayang kalu biola mahal perlakuannya kita gitu, kalu biola murah ga terlalu nyesel bila mang nanti nyerah di tengah jalan karna butuh ketekunan.

      kalu aku si ga bingung sama anak yang dah punya biola dari klas 4 SD itu, karna yaaa, minat ape kaga, taunya setelah kita jalanin, alias munyain dulu, minjem orang lain punya si boleh2x aje kalu dikasih, tapi ga enak ati khan pinjam terus, jadi murah pun biarin yang penting munyain dulu, hal yang ga diketahui nanti akan kebuka dengan sendirinya. soal jodoh, cinta monyet beda dengan cinta beneran, taunya cinta beneran khan berteman lama dulu dengan si cewek/cowok (munyain biola nya dulu artinya) baru PDKT deh. kalu mang kita ga bisa mahamin pacar kita itu(nyerah biolanya di tengah jalan) putuspun tak apa(biola nganggur dirumah pun tak apa). cth = orang ngliat temennya main suling, keliatannya enak, dan rasa inginpun muncul, tapi main kayak temannya itu khan ga instan, perlu latihan, dan barangkali sampai nangis karna frustasi gagal mlulu di bagian musik tertentu. dan..gimana mau latian kalu barangnya ga ada? adain dulu barangnya, murah? biarin. brikutnya ya..blajarin tuh alat, coba mainkan, pelan pelan aje, awal 2x mah ga usah buru buru. keasikan tersendiri akan muncul dengan sendirinya kalu mang beneran suka ama tuh alat musik.

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: