Simple Gift

Knowledge is not skill, knowledge plus 10.000 repetitions creates skill – (Sinichi Suzuki)

Belajar Biola 07 – Teori Dan Teknik Menemukan Nada

Untuk “menemukan nada” pada biola, ada 3 poin penting yang perlu dipegang, yaitu : Tangga Nada, Jarak Nada, dan Nama-Nama Nada (terutama yang digunakan sebagai nada dasar).

____________________________________________________

Nada Dasar

Apakah anda kenal dengan beberapa ungkapan berikut?

  • Main di kunci C ; atau main di C ; atau main di A.
  • Mainnya di C ; atau mainnya di kunci A.
  • Main di A minor (Am), dan lain sebagainya.

Kalimat-kalimat ini merupakan ungkapan yang sering dipakai ketika seseorang bermain gitar / keyboard / piano. Maksud sebenarnya dari ungkapan-ungkapan pendek diatas adalah : nada dasar yang digunakan, misalnya :

  • Main di nada dasar C ; atau menggunakan nada dasar A,
  • Lebih spesifik, nada dasar A mayor atau A minor, dan nada lainnya.

Ada juga ungkapan lain yang saya jumpai yaitu :

  • Nada “do”-nya dimana? – maksudnya adalah : dimanakah letak nada “do”?
  • Jawabannya adalah :
  • Semua nada bisa menjadi nada – “do” – tergantung dari nada dasar apa yang digunakan.

@ Nah, pemahamannya begini, saat seseorang bermain gitar atau piano misalnya menggunakan nada dasar C mayor, maka, nada C inilah yang berfungsi (menjadi/dijadikan) sebagai : nada “do” : penulisan yang sering kita jumpai dalam notasi angka adalah : C=do / C=1; atau do=C / 1=C.

@ Cara penyampaian lainnya mungkin begini : maksud dari Nada Dasar C adalah : nada C digunakan sebagai dasar (nada C adalah do)

Tangga Nada

Didalam sebuah nada dasar, terdapat sejumlah nada yang tersusun secara berjenjang, yang disebut sebagai Tangga Nada, atau yang sudah kita kenal dengan solmisasi, seperti “do-re-mi-fa-so-la-si-do”.

Sekarang, disini terdapat dua jenis tangga nada yang umum digunakan, yakni Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor. Catatannya adalah : Mayor selalu diawali dengan nada do, sedangkan Minor selalu diawali dengan nada la.

  • Apabila nada dasarnya – C mayor, maka nada C inilah yang menjadi nada do (C=do / C=1; atau do=C / 1=C). Susunan nada-nadanya adalah : (gambar A)
  • Atau, jika nada dasarnya – A mayor, maka nada A inilah yang menjadi nada do (A=do / A=1; atau do=A / 1=A). Susunan nada-nadanya adalah : (gambar B)
  • Bila nada dasarnya – A minor, maka nada A yang akan menjadi nada la (A=la / A=6; atau la=A / 6=A). Susunan nada-nadanya adalah : (gambar C)

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Gambar - Menemukan Nada

Gambar – Menemukan Nada

 

Jarak Nada

@ Yang dimaksud dengan jarak nada adalah jarak antara sebuah nada dengan nada lainnya dalam sebuah tangga nada, apakah itu tangga nada mayor ataupun minor. Perhatikan Jarak Nada pada gambar keyboard diatas (gambar A) dan cocokkan penjelasan berikut dengan gambar tersebut, – bahwa :

Contoh dalam Tangga Nada C Mayor

  • Nada E dan nada F dikatakan berjarak 1/2 laras (1/2 nada) karena tidak melewati tuts hitam, sama halnya dengan jarak antara nada B dan nada C.
  • Sedangkan nada C dan nada D dikatakan berjarak 1 laras, karena melewati 1 buah tuts hitam.
  • Maka, nada C dan nada C# (Cis) adalah berjarak jarak 1/2 laras.

Contoh lainnya bisa anda lihat pada gambar B (A Mayor) dan gambar C (A minor).

________________________________________________________

Jarak nada pada tangga nada mayor adalah : 1 1 ½ 1 1 1 ½ (gambar B)

Sedangkan tangga nada minor biasa adalah : 1 ½ 1 1 ½ 1 1 (gambar C)

________________________________________________________

Bagaimana “menemukan nada” pada biola?

@ Pada keyboard – jarak nada dapat terlihat jelas karena terdapat tuts berwarna hitam dan putih, sedangkan pada biola :

  • Jarak “setengah” (½) adalah : jarak jarinya – dekat (dekat dengan) dan . . .
  • Jarak “satu” (1) adalah : jarak jarinya –  jauh (jauh dari).

@ Kode yang digunakan pada biola adalah :

  • Angka 0 = menandakan senar tidak ditekan
  • Angka 1 = jari telunjuk (jari satu)
  • Angka 2 = jari tengah (jari dua)
  • Angka 3 = jari manis (jari tiga)
  • Angka 4 = jari kelingking (jari empat)

@ Catatan :

  • Senar 1 = E
  • Senar 2 = A
  • Senar 3 = D
  • Senar 4 = G

@ Contoh dalam tangga nada A Mayor (lihat gambar jarak jari)

  • Jari telunjuk – jauh dari nut dan jari tengah
  • Jari tengah – jauh dari jari telunjuk dan – dekat dengan jari manis
  • Jari manis – dekat dengan jari tengah dan – jauh dari jari kelingking

Perhatikan, jari 4 (kelingking) – bunyinya (adalah nada E) sama dengan senar E dalam keadaan tidak ditekan (open strings).

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Gambar - Jarak Jari

Gambar – Jarak Jari

@ Disini, saya menggunakan tipeks (lihat titik berwarna putih pada gambar diatas) untuk membuat sebuah tanda dasar supaya mempermudah anda menentukan letak jari pada fingerboard (ini berkaitan dengan ketepatan nada). Jika anda ingin membuat tanda, saya menyarankan untuk menggunakan tipe-x, karena mudah dihapus. Jangan membuat tanda dengan menggunakan kertas label (stiker polos), karena lama kelamaan, bahan perekat yang ada pada stiker akan menempel pada fingerboard dan membuat jari tidak nyaman karena lengket.

NB : Jarak jari – “jauh dan dekat” ini – dari setiap orang berbeda. Tergantung pada besar kecilnya jari orang tersebut, atau ukuran biola yang digunakannya. Disinilah telinga kita dituntut “harus peka” dalam membedakan tinggi rendahnya sebuah nada.

____________________________________________________

Tangga Nada

Sebagai dasar, saya gunakan contoh pada nada dasar A mayor dan A minor, sebab pada biola, ini merupakan dua buah tangga nada yang mudah untuk dipelajari.

Tangga Nada A Mayor (lihat gambar dibawah)

@ Susunan tangga nada A Mayor adalah : A – B – C# – D – E – F# – G# – A (ingat jarak nada).

  • Nada A / do = tidak di-tekan (open strings)–>(senar A)
  • Nada B / re = ditekan oleh jari (telunjuk)
  • Nada C# (Cis) / mi = ditekan oleh jari 2 (tengah)
  • Nada D / fa = ditekan oleh jari 3 (manis)
  • Nada E / so = tidak di-tekan (open strings)–>(senar E)
  • Nada F# (Fis) / la = ditekan oleh jari 1 (telunjuk)
  • Nada G# (Gis) / si = ditekan oleh jari 2 (tengah)
  • Nada A / do’ = ditekan oleh jari 3 (manis)

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

gambar - Tangga Nada A Mayor

Gambar – Tangga Nada A Mayor

===================================

Tangga Nada A Minor (lihat gambar dibawah)

@ Susunan tangga nada A Mayor adalah : A – B – C# – D – E – F# – G# – A (ingat jarak nada).

  • Nada A / la = tidak di-tekan (open strings)–>(senar A)
  • Nada B / si = ditekan oleh jari (telunjuk)
  • Nada C / do = ditekan oleh jari 2 (tengah)
  • Nada D / re = ditekan oleh jari 3 (manis)
  • Nada E / mi = tidak di-tekan (open strings)–>(senar E)
  • Nada F / fa = ditekan oleh jari 1 (telunjuk)
  • Nada G / so = ditekan oleh jari 2 (tengah)
  • Nada A / la’ = ditekan oleh jari 3 (manis)

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Gambar - Tangga Nada A Minor

Gambar – Tangga Nada A Minor

____________________________________________________

@ Selanjutnya, dalam menentukan (menemukan) jari apa yang digunakan untuk menekan senar (nada), pada tangga nada lainnya, anda dapat mempelajarinya (secara online) dengan menggunakan Interactive Violin Fingerboard dari violinonline.com (klik disini untuk membuka), contohnya pada gambar dibawah.

Atau bisa di download disini, atau Klik Disini, agar dapat dipelajari tanpa harus terkoneksi pada internet.

@ Cara penggunaan : Arahkan dan tempatkanlah kursor (mouse) pada nama nada yang terdapat pada fingerboard, maka kotak disamping kanan bawah akan muncul gambar letak / posisi jari pada biola (kotak masih berwarna gelap jika kursor belum diletakkan pada nama nada).

@ Petunjuk nama nada dan daftar tangga nada terdapat pada halaman Belajar Biola 08 – Teori Musik Penuntun

Ingat kode angka yang digunakan

  • Angka 0 = menandakan senar tidak ditekan (open strings)
  • Angka 1 = jari telunjuk (jari satu)
  • Angka 2 = jari tengah (jari dua)
  • Angka 3 = jari manis (jari tiga)
  • Angka 4 = jari kelingking (jari empat)

Klik disini untuk melihat gambar ukuran besar

Interactive Violin Fingerboard

Interactive Violin Fingerboard

________________________________

Belajar Biola 08 – Teori Musik

66 Responses to “Belajar Biola 07 – Teori Dan Teknik Menemukan Nada”

  1. ada nggk yg gambar gitar
    cz klo biola am keyboad bingung aq

  2. abil latif said

    terima kasih infonya..
    susah sekali belajar biola.. saya masih belum bisa menggesek biola dengan benar :D
    saya ingin sekali pandai bermain biola..

  3. Lia said

    waaaaw,terima kasih sekaliiii..saya pengen bisa mahir pak bermain biolanya.. skrg sedang bljr tapi masi awam dan blm mengerti tentang nada. Bagaimana supaya ngerti baca not balok dan dituangkanke bermain biola pak?

    • melisa said

      baru dpt biola februari.terima kasih,saya lebih memahami nya.. :)

  4. rival said

    aku ngerti, tapi masalahnya aku ga punya biolaa

  5. Ddith said

    Wah, keren Om, tutorialnya… membantu untuk pemula kyk saya. Tapi saya masih bingung, nih. Untuk fingering, mencari nada2 dengan jari2 kiri saya sudah paham, tapi untuk tangan kanannya, gimana “menggeseknya”? maksud saya, misal, saya mau nada C (do=c) di senar G, itu kan satu nada,Om, sedangkan senar ada 4 (gak digesek semua atau gimana?) Kan kalau gitar, kita mau nada itu, tinggal petik senar bersangkutan. Terima kasih, Om.. maklum saya benar-benar buta, basic saya dari gitar klasik sih,hehe… thx.

    • Ruland said

      Makasih Ddith…semoga cukup membantu…

      Pada dasarnya meiliki kemiripan kok…

      Untuk satu nada, kalo pada gitar, kita menekan nada C (misalnya yg di senar 5 = senar A) kemudian tinggal memetik senar tersebut.. biola pun demikian, nada C ( di senar G = ditekan oleh jari 3), lalu tinggal menggeseknya…, dan emang hanya satu senar saja yang di gesek (sesuai dengan nada apa yang ingin dibunyikan. Sedangkan panjang pendeknya gesekan / naik turunnya bow (penggesek) itu kan tergantung kita, mau digesek turun dulu atau naik duluan.

      Kalo untuk chord, kalau di Gitar, kita bisa menekan beberapa senar sekaligus dan membunyikannya (menggenjreng) sebagai chord / memetik 5 buah nada sekaligus dalam waktu yg bersamaan (terdengar kompak),… tetapi pada biola, hanya dua senar (dua nada) saja yang dapat dibunyikan (digesek) secara bersamaan (wktu bersamaan), sehingga tidak bisa menghasilkan akord lengkap.
      Jadi untuk menghasilkan akord yang lengkap (pada biola) geseknya harus bergantian per dua senar, = ke empat 4 senar digesek secara bergantian, misalnya dimulai dari dua senar diatas (G&D) kemudian dilanjutkan dua senar bawah (A&E), dalam kondisi jari kiri menekan nada-nada yang terdapat dalam akord C = C E G. tapi di biola kan sudah ada G dan E (open strings/tanpa harus di tekan oleh jari), jadi nada C.nya – bisa ditekan pada senar A (pake jari 2/tengah), nada E (jari 1/telunjuk) – nah cara menggesek bergantian (per dua senar) ini juga disebut chord (pada biola), hanya beda tekniknya aja.

      Mmmmm??? semoga penjelasanku bisa dipahami…soalnya kalo ga nyambi beri contoh juga cukup mumet mikir kalimatnya :D

  6. Trimakasih atas pelajarannya….sangat bermanfaat sekali bagi kita yang berbakat bermain musik khususnya biola

  7. mau bisa biola nih
    tutorialnya kurang jelas om

  8. ?????? said

    saya tidak mengerti cara main biolanya T_T

  9. dinah diyanah said

    pak guru saya mau nannya,., saya ingin bermain biola menggunakkan lagu indonesia raya,., tapii saya masihh gak ngertii menemukan nada2nya,.,.

  10. [...]   dalam musik nada merupakan hal yang sangat penting , karena dengan nada kita bisa menghasilkan suara yang merdu dan harmonis dalam lagu-lagu yang dibawakannya. dalam biola terdapat 4 senar yang mengeluarkan suara dari nada-nada yang ada, nada-nadanya ada pada gambar diatas. sehingga jari-jari kita harus lincah untuk memainkan nada-nada tersebut. dan bila ingin lebih lengkap untuk belajar nada dalam biola bisa di klik http://ruland.wordpress.com/belajar-biola/belajar-biola-07-teori-dan-teknik-menemukan-nada/ [...]

  11. Pryta said

    Pak guruu, saya udah bisa lagunya Lightly Row sama Music Land, tapi masih ga ngerti cara nemuin nadanya..

    • blajar fokus dulu…
      plan” n jgn kebawa emosi, krn biola itu alat musik yg paling lembut.. hehehe

  12. ikky said

    pak guru.
    saya masih sering gak konstan membuat nada.
    seakan akan nadanya berubah misal dari do lalalalalala ke do lagi tp berubah suaranya.
    cara mengfokuskan letak jari itu gimana sih pak?

  13. anto said

    mau nanya pak guru…klo kunci biola sama gitar sama gk..??????

    • beda. karena senarnya juga beda. kalau di gitar, dari tali 1-6 itu e-B-G-D-A-E sedangkan biola dari tali 1-4 itu E-A-G-D. :)

      by Guru Gitar Otniel.

      http://www.youtube.com/glennchensing

  14. yusrina said

    aduh baru pertama kali jadi susah di mengerti,gimana caranya biar mudah mempelajarinya bapak :D

  15. wahyu said

    dhu pak sya bingung cra brmain biola apkah cranya sma denga brmain gitar…
    mohon bimbinganya

  16. tholut said

    klok org yg mau bljr biola apa tahap awalnya u/ membunyikan biola???

  17. anggie said

    makasih pak , bermanfaat sekali…..
    saya sudah lama tidak pegagng biola lagi.. , dalam sehari , kita butuh berapa lama untuk melancarkan / latihan biola rutin?

    • wahyu said

      1oo kali

  18. omenboyo said

    wah , keren….terimakasih pak infonya, gpp lah belajar lagi, saya sebelumnya belajar otodidak, tp g puas karena
    saya TONIRO(waTOn muNI lan seRO[keras])

    hmm hingga akhirnya saya tahu, bagaimana mekanisme memainkan biola yg benar..namun saya masih bingung, untuk menggesekannya

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: