Dilema Sebuah Alat Musik Yang Disebut Keyboard

Organ…? Kibor…? atau Keyboard…?

Kibor? atau

Yamaha PSR 2100? atau

Keyboard Yamaha PSR 2100? atau

Kibor Yamaha PSR 2100?

Hari-hari yang kulalui selalu berjumpa nama baru untuk alat musik sejenis ini (keyboard). Ada yang mengatakan “organ kecil” dan juga “piano kecil”, ternyata maksudnya adalah melodica. Yang lain menyebutnya “organ”, padahal maksudnya Yamaha PSR 2100.

800px-Yoke
https://en.wikipedia.org/wiki/Pipe_organ

Awalnya sebutan untuk alat musik ini tidak mempengaruhi pikiran saya, namun bermula ketika saya hendak mengajar mata pelajaran Seni Musik di sebuah SMA (agustus ”08), materinya adalah pengenalan alat-alat musik modern.  Maka bahan-bahan pengajaran segera kupersiapkan. Tetapi, sesampainya materi yang kupersiapkan pada sebuah alat yang dinamai keyboard ini, i am stuck!!, saya dibuat berpikir banyak olehnya, karena teringat piano kecil tadi.

 

 

Ternyata dalam mengelompokkan sebuah alat musik kedalam suatu kategori, kadangkala kita dibuat pusing oleh alat itu sendiri, terlebih jika alat tersebut memiliki banyak fungsi. Nama/sebutan apa yang sebenarnya tepat untuknya?. Lets begin

Kata Kibor (menurut saya) hanya berupa penulisan berdasarkan pengucapan dari kata keyboard dalam bahasa inggris, dan merupakan sebutan yang lazim digunakan sebagai nama untuk menyebutkan alat musik seperti Yamaha PSR 2100, Roland E50, atau Korg TR-61, dan lain sebagainya.

Dalam bidang musik, istilah ini berpengertian sama dengan : Klavier (jerman), Clavier (Perancis), klaviatuur (belanda), atau keyboard (inggris), yang berarti : papan bilah-bilah nada (Soeharto, M. Kamus Musik. Jakarta : PT Gramedia. 1992), disingkat “papan nada”.

Disini terdapat kerancuan, dan pertanyaannya adalah : berapa banyakkah alat musik dalam bentuk dan fungsi apapun yang menggunakan papan nada (keyboard instrument) seperti ini?

Papan Nada

Sudah tentu bahwa alat-alat musik ini berbeda antara satu dengan lainya, persamaannya hanya terletak pada penggunaan media penghantar yang sama, yaitu keyboard atau papan nada. “keyboard” adalah sebuah instrumen atau media penghantar saja, bukan “nama” yang tepat untuk menyebutkan (mewakilkan) suatu tipe dan merk dari alat musik seperti Yamaha PSR 2100, Roland…, dan lain sebagainya.

Yang terbaik saat ini adalah sebutkan saja langsung merk dan tipenya : Yamaha PSR 3000, atau hanya PSR 2100, atau Roland E 86, Casio…, dan lain sebagainya. Kalau mau lengkap, tambahkan jenis instrumennya (keyboard), Keyboard Yamaha PSR 2100.

Nah…!! disini letak dilemanya, sebab ternyata, nama keyboard adalah singkatan yang sering digunakan hanya karena : sebagian orang (yang mengerti) enggan menjelaskan, atau yang kepadanya dijelaskan “memang enggan mengetahuinya”, atau karena memang “terlalu panjang”🙂, hingga untuk mempermudah, kita sering menyingkatnya untuk melancarkan sebuah obrolan (termasuk saya)🙂. Pada akhirnya ini menjadi pemahaman umum dalam menyebut alat musik tersebut tadi. Memang tidak mudah untuk merubah pemahaman yang sudah memasyarakat, karena pemahaman dan pengertian dari setiap individu dalam masyarakat terhadap keyboard berbeda. Ini semua tentang sejauh mana kita mau menjelaskan kepada seseorang pada ‘saat itu’ mengenai alat musik tertentu yang baru dikenalinya.

Salam

One thought on “Dilema Sebuah Alat Musik Yang Disebut Keyboard”

  1. Tambahin lagi donk penjelasannya tentang keyboard…..tp artikelnya dah cukup membantu kok thank’s yachhh….masalahnyaq lg skripsi nichh. Tlg ya kak. Sejarah keyboard, n lain2nya, aq sendiri masih bingung tentang keyboard.

Salam Hormat...., Jika teman-teman ingin merespon atau bertanya, mohon sopan santun serta tata krama dalam menulis yaaah :) , terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s