Induk Alat Musik Elekrtonik

Pemahaman

Alat musik akustik adalah alat musik yang penguat bunyinya tanpa memerlukan tenaga listrik. Seorang pemain alat musik akustik memerlukan tahapan proses latihan yang cukup lama untuk dapat menghasilkan suara yang berkualitas indah untuk dinikmati.

Alat musik elektronik merupakan alat musik yang penguat bunyinya memerlukan tenaga listrik. Inilah yang disebut sebagai alat musik modern. Dimana seorang pemain tidak lagi bersusah payah berlatih khusus untuk dapat menghasilkan suara yang berkualitas dan indah, karena sebagian kualitas keindahan suaranya telah diproduksi oleh alat itu sendiri.

Alat musik akustik, memiliki karakter suara yang natural, sesuai dengan nama, bentuk serta bahan pembuatannya. Hampir sama halnya dengan alat musik elektronik, hanya saja karakter suara alat musik elektronik tidak dapat disebut sebagai suara yang natural, dalam arti disini sudah lebih modern.

Dalam perkembangan jaman yang sudah lebih praktis hampir dalam segala bidang kehidupan, penggunaan alat musik akustik terkadang dirasa kurang lengkap dalam suatu aktifitas tertentu. Maka terciptalah suatu alat yang disebut synthesizer.

synthesizer adalah alat pelengkap elektronik untuk membentuk dan mengubah bunyi, atau alat yang merupakan kumpulan komponen elektronik yang mampu meniru suara-suara tertentu baik suara alat musik tertentu maupun suara lainnya, ataupun berfungsi hanya sebagai sound effect.

Kenapa saya sebut sebagai “induk”?.

Synthesizer diciptakan dalam bentuk, tipe, serta nama/sebutan yang sangat beragam, sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Sebagai kumpulan komponen elektronik yang mampu meniru suara alat musik tertentu, maka dapat saya katakan bahwa sebuah keyboard Yamaha PSR 2100 pun sebenarnya dapat disebut sebagai synthesizer, dan inipun saya pikir berlaku untuk semua alat musik elektronik.

Salam

5 thoughts on “Induk Alat Musik Elekrtonik”

  1. memang bnr kata bang ruland, lebih baik belajar music dari pada melakukan hal yang berujung pada hal-hal yang negatif…. junjung mas ruland

  2. bang ruland, saya lebih suka bermain musik yang akustik… dan saat ini status adalah calon murid dari bang ruland. saya ingin dapat bermain piano tetapi alat musik yang saya miliki hanya kibor YamahA psr s910. apakah metode ini tepat untuk saya???

    kemungkinan saya akan menjadi murid bang ruland pada bulan maret 2010. saya harap bimbingan mas ruland ya…..

    1. halo bang Cebol, salam kenal…, trims udah mampir…😀 belajar piano tuh emang gampang-gampang susah kok, gampangnya kalo cuma belajar tekniknya aja, tapi susahnya kalau diterapkan pada piano beneran (piano akustik) hehehe, rasanya beraaat skali…., tapi kalau belajar tekniknya aja …. tidak masalah kok kalau cuma pake kibor yamaha psr…, punya saya psr 295, udah tua…🙂

      [kemungkinan saya akan menjadi murid bang ruland pada bulan maret 2010. saya harap bimbingan mas ruland ya…..]
      – saya coba bantu semampu saya….😀

Salam Hormat...., Jika teman-teman ingin merespon atau bertanya, mohon sopan santun serta tata krama dalam menulis yaaah :) , terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s