Grup Musik Saya Tidak Solid!! Why?

A : Tumben sudah seminggu ini kamu betah di rumah, tidak latihan?

B : Ah saya sudah keluar dari band (kelompok musik) mereka

A : Lhooo … kenapa?

B : Abis pianisnya banyak bicara sih?, abis . . . ; abis . . . ; abis . . . dan habis-habisan . . .

dan semua unek-unek dihati keluar tanpa bisa dibendung

KENAPA?

Berada didalam sebuah kelompok/komunitas musik merupakan hal yang tidak mudah, apakah itu band, paduan suara, vokal grup, kwartet dan lain sebagainya. Mengapa sebuah kelompok / grup musik sering bubar?, disini saya tidak membedakan apakah kita seorang pelatih, sekedar pemain musik, penyanyi, ataukah seorang manajer, namun kita adalah individu yang perlu mengoreksi diri sendiri.

  1. Apakah kita mengenali kemampuan rekan kita?
  2. Apakah kita suka dan sangat sering memberi perintah?
  3. Apakah kita sangat menginginkan rekan kita mengetahui keterampilan kita dan mengatakan bahwa kita hebat? 90% saya katakan itu kebiasaan buruk
  4. Apakah kita sering membicarakan kelebihan dan kekurangan grup/kelompok musik lain?, apakah itu langsung tertuju pada individunya ataukah kelompoknya? keduanya sama saja.
  5. … (silahkan tambahkan sendiri)

Banyak hal yang sebenarnya perlu diperhatikan ketika kita berada dalam suatu kelompok/komunitas, atau ketika kita hendak membentuk sebuah kelompok / komunitas musik, namun berikut ini hanyalah hal sepele yang sudah kita ketahui, tetapi sering kita abaikan.

  1. Perlu memahami setiap karakter rekan kita.
  2. Konsekuen dengan ucapan kita.
  3. Loyalitas yang tinggi.
  4. Saling mendengar, menghargai pendapat rekan lain, entah itu lewat sikap maupun tutur kata kita.
  5. Mengontrol diri sendiri. Kita seringkali tidak dapat menahan diri ketika rekan kita memiliki pendapat berbeda atau mungkin lupa akan sesuatu hal, sehingga kita…? –  Membantah/memotong pembicaraan pendapat rekan ketika sedang berbicara dengan nada bicara yang terkesan lebih tahu, padahal kita tidak bermaksud demikian.
  6. Hindari banding-membandingkan profesionalitas seseorang atau kelompok, sekalipun tujuannya untuk memotifasi.
  7. Jangan menganggap diri lebih tahu dari yang lain, dan jangan saling mengajari.
  8. Memberi kepercayaan penuh kepada rekan yang kita “terpilih” untuk sebuah tugas dalam kelompok, seperti : Manajer, Koreografer, Pengiring, Principle kelompok, dll. Meskipun dia tidak sepenuhnya pandai. Percaya “sepenuhnya” bukan berarti membiarkan seseorang berpikir sendiri. Terpilih bukan berarti pemimpin, terpilih lebih bermakna sebagai “motifator” dan “koordinator”, dan kita sebagai anggota perlu memberi dukungan kepadanya dan jangan bersikap memonopoli.
  9. Buatlah sejumlah perjanjian ketika hendak mempersiapkan diri dalam kegiatan terentu. Tujuannya adalah untuk mencapai penyajian yang berkualitas. Perjanjian itu misalnya tepat waktu dalam latihan, dan selesai berlatih sesuai perjanjian, dan lain sebagainya.
  10. Jika kita berniat dalam sebuah grup yang solider, poin terpenting adalah memiliki arah tujuan yang sejalan. Hal terkait misalnya memiliki kesukaan jenis musik sama, atau memiliki tingkat keterampilan / keahlian yang setara, dan lain sebagainya.
  11. … (silahkan tambahkan sendiri)

_______________________________

Mata, adalah cermin ajaib

Lidah, mudah menjadi belati beracun

Sikap, adalah pondasi dinding pemisah

___________________________________________________

Siapapun dia, meskipun kita memiliki “teknik keterampilan” yang lebih profesional dalam bidang kita dibandingkan dia, ingat! seprofesional apapun kita, kita punya kekurangan.

Semoga bermanfaat

Salam

2 thoughts on “Grup Musik Saya Tidak Solid!! Why?”

  1. tapi saya sendiri berpendapat bahwa chemistry di dalam bermusik penting dan ada kalanya ketika kegiatan bermusik bersama sudah mencapai titik jenuh, yah memang harus direfresh dan mengambil cuti dan tidak perlu serta merta bubar.
    dan berharap setelah kembali dari cuti ‘merecharge’ diri, bermusik bisa jauh lebih hidup…

    1. Wah, bang Mike, trims udah mampir….
      betul katamu Bang, saya pernah menemukan titik jenuh itu, dan sampai sekarang saya masih belajar banyak dalam bermusik… agar bisa lebih bermakna, makasih Bang masukannya….

Salam Hormat...., Jika teman-teman ingin merespon atau bertanya, mohon sopan santun serta tata krama dalam menulis yaaah :) , terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s