Tips Memilih Ukuran Biola Yang Sesuai

IMG_8749_resizeManakah ukuran biola yang sesuai untuk saya?

_____________________________________________

Sebenarnya biola memiliki ukuran beragam yang disesuaikan dengan ukuran tubuh seseorang, yaitu :

  • Ukuran 1/16 – cocok untuk anak kecil berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 14 sampai 15 3/8 inci.
  • Ukuran 1/10 – cocok untuk musisi muda (anak) berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 15 3/8 sampai 17 inci.
  • Ukuran 1/8 – cocok untuk anak-anak penggemar biola yang berumur 3 s/d 5 tahun, dengan panjang lengan antara 17.1 sampai 17.5 inci.
  • Ukuran 1/4 – cocok untuk musisi muda berumur 4 s/d 7 tahun, dengan panjang lengan antara 17.6 samapi 20 inci.
  • Ukuran 1/2 – untuk anak berumur 6 s/d 10 tahun, dengan panjang lengan antara 20 sampai 22 inci.
  • Ukuran 3/4 – untuk anak berumur 9 s/d 11 tahun, dengan panjang lengan antara 22 sampai 23.5 inci.
  • Ukuran 4/4 atau sering juga disebut dengan full size – bisa digunakan untuk anak usia 9 tahun, dengan panjang lengan minimal 23.5 inci. Ukuran ini cocok digunakan untuk orang dewasa, atau yang memiliki panjang lengan minimal 23.5 inci.
  • Sumber : http://musiced.about.com/od/beginnersguide/a/vsizes.htm

=> Tetapi yang paling banyak dijual dan paling laris adalah ukuran 4/4 dan 3/4, baru kemudian ukuran 1/2.

Tujuan pembuatan biola dalam berbagai ukuran adalah untuk menyesuaikan kemampuan seseorang, karena sesungguhnnya berat biola memiliki pengaruh bagi kenyamanan seseorang dalam memainkannya. Jika sebuah biola terlalu besar (berat) atau kecil (ringan) bagi seseorang, tetap saja ada ketidaknyamanan, meskipun seiring berjalannya waktu serta ketekunan dalam berlatih, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Bisa anda bayangkan jika setiap 2 tahun, anda sebagai orang tua / calon orang tua, harus mengganti biola untuk menyesuaikan panjang tangan anak anda yang terus bertambah🙂 –  Sayapun sempat merasa lucu sendiri saat memegang meteran kain untuk mengukur panjang lengan saya😀, namun hal tersebut penting untuk diketahui.

Tetapi, ada cara sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengetahui ukuran biola yang sesuai. Perhatikan gambar berikut, lalu bacalah penjelasan dibawahnya.

Klik disini untuk melihat gambar lebih besar

[1] Peganglah biola seperti yang terlihat pada gambar, yaitu – tangan kiri (telapak tangan) memegang / menggenggam scroll.

[2] Sekarang perhatikan perbedaan lekukan pada siku antara gambar 1 dan 2. Pada violin, lengan dan siku terlihat menekuk, sedangkan pada viola (ukuran 3/4), siku dan lengan nampak lebih lurus. Dalam hal ini, alat musik gesek yang dapat digunakan dengan nyaman olehnya adalah violin ukuran 4/4, meskipun – dia mampu untuk menggunakan viola (ukuran 3/4).

[3] Apabila tangan anda tidak sanggup menggenggam scroll, maka pilihlah ukuran biola yang lebih kecil, begitupun sebaliknya.

Catatan : Disini saya menggunakan viola sebagai contoh karena tidak memiliki violin berukuran kecil, tetapi, pada dasarnya cara pemilihan ukuran tetap sama pada violin maupun viola. Cara ini sering digunakan oleh para guru biola untuk menentukan ukuran violin yang sesuai bagi muridnya, terlebih untuk anak-anak, daripada harus memegang meteran atau penggaris😀

Semoga Bermanfaat

Salam

23 thoughts on “Tips Memilih Ukuran Biola Yang Sesuai”

  1. ass ..
    kalo biola 1/2 dipake sama orang dewasa ,menurut anda pasti yakin bisa memainkannya atau cukup pengetahuannya saja ?

  2. Pak ruland mau tanya saya mau hunting foto dengan properti viola/biola nag model cewek sekitar umur 21 tahun kira2 yang pantas dia pegang ukuran 3/4 atau 4/4 yah.. pak rulan tau emain biola yang bernama Lindsey Stirling, tolong cek fotonya di google kalo gak tau dan kira2 sepeprti itu biola ukuran berapa? mohon saya butuh respon cepat sms ke no 085779273011 ya. Terima kasih

  3. Halo pak, umur saya 14 tahun ( kls 3 smp). Baru-baru ini saya minat bgt bljr biola, untuk umur segitu terlambat ngga pa? Terimakasih sebelumnya.

  4. Halo pak, umur saya 14 tahun ( kls 3 smp). Baru-baru ini saya minta bgt bljr biola, untuk umur segitu terlambat ngga pa? Terimakasih sebelumnya.

  5. mav mas,,gambara di atas yang orang megang biola ke scrol t sya bingung.
    karna kan ukuran biola yang besar 4/4, tetapi pada gambar yang 3/4 yang panjang sehingga siku pemegang biola itu tidak bengkok,sedangkan biola 4/4 membuat bengkok sikunya??
    brarti 4/4 itu kecil ya???

  6. pak saya mau tanya …
    ukuran tangan saya kira” 63 cm …
    cocoknya saya make biola yang ukuran berapa yah …

  7. Pak, anak saya (usia 4th) baru saja belajar mulai belajar biola. Selama ini dipinjamkan biola tapi saya tidak tahu ukurannya. Kalau saya ukur panjang badan biolanya itu 24,5 cm. Itu ukuran biola yang berapa ya Pak?

    1. Halo Sela…🙂
      Sy pikir ini masuk ukuran violin 1/10 …, krn panjang bodi biola 24,5 cm, setelah sy hitung dan diperkirakan sama dengan 9.5 inci.

      Sedangkan ukuran sebenarnya bodi violin 1/10 adalah 9.25 inci, yaa kira-kira sama dgn 23,5 cm – bodi bagian belakang yang diukur, tetapi hanya pinggiran, tidak termasuk “nose” (tonjolan /pangkal dari leher biola).

  8. pak, sya berumur 17 thn. Tinggi 153. Harusnya pke yg 4/4 ya? Tp sy pny biola yg 3/4. Gmna tu pak? Brpengaruh ga bwt ltihan sya?

    1. Hi Dytta… pengaruhnya akan nampak jelas jika Dytta pake biola yg ukuran 1/2…
      Hmmm tp maaf sy tidak dapat mengira2 dari tinggi badan….. tapi ada betulnya juga, mestinya bisa pake 4/4, tetapi pada dasarnya tidak berpengaruh, apalagi kalau jarimu imut2, sy pikir tetap pake yg 3/4 aja its okay.., sebab mungkin akan terasa lebih nyaman…., jarak jarinya pas, dan baik untuk melatih otot jari…🙂

Comments are closed.