Musiik???!!! Apakah Kamu Bisa Hidup Dengan Musik?

DSCN6434MUSIIK???!!! Apakah kamu bisa hidup dengan musik?

Sebenarnya ini merupakan kalimat seorang pastor berwarga negara belanda, yang di lemparkan keras kedalam kepalaku pada februari 1999…, ketika itu saya hanya membalas ucapannya dengan senyuman manis (sedikit dongkol), tetapi seiring berlalunya waktu, akhirnya saya memahami maksud beliau, sebab beliau seorang pecinta musik klasik, ungkapannya semata hanya untuk menguji kesungguhan hati, tentang apa yang saya inginkan.

Andapun tentu pernah menjumpai sejumlah ungkapan dengan makna yang tidak jauh berbeda dengan ungkapan diatas, seperti… ngapain kamu belajar musik? ; ngapain kamu belajar melukis? ; ngapain kamu belajar menari?, dsb; ataau, sejumlah pertanyaan menyangkut bidang seni lainnya yang sering diawali dengan kata : untuk apa?, pentingkah?… dsb.

Bahkan sekarangpun, masih banyak orang yang memiliki pemikiran diatas, seakan-akan bahwa pilihan seseorang itu salah, tidak bermutu, tidak bermanfaat/tidak berguna, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perlu disadari bahwa setiap ungkapan/pernyataan/ucapan, tentu memiliki alasan, apakah pada dasarnya mereka memang memandang seni hanya dengan ‘sebelah mata’, ataukah hanya sekedar menguji.

Dilain sisi, seseorang memang “tidak bisa hidup hanya dengan ‘bermain’ musik” –> kalau setiap hari dia hanya ‘menggenjreng’ gitar dan bernyanyi didepan teras rumah tanpa berbuat sesuatu. Tetapi dengan berbekal “pengetahuan” tentang musik, seseorang tidak akan mati kelaparan, dia bahkan bisa membeli sebuah mobil mewah, hanya dengan bermodalkan suaranya.

Adapun pemikiran yang menyatakan – belajar musik?, ah, palingan kembali lagi, buntutnya seperti “Umar Bakri”, menjadi guru, tidak bisa lebih. Pertanyaan dan jawaban saya? “Anda tidak ingin menjadi guru?, ya kalau begitu jangan menjadi guru!! Kalau pikiran kita membatasi kita bahwa belajar musik hanya sekedar bisa menjadi “guru”?, berarti kita sama seperti katak didalam tempurung, maka jadilah anda sebagai guru.

Maaf-maaf, saya sedang tidak membahas tentang pekerjaan guru musik🙂 …. tetapi, jika anda memiliki hasrat dan kemauan untuk belajar musik ataupun bidang seni lainnya, ingatlah selalu bahwa belajar ataupun mendalami musik/alat musik dan atau bidang seni apapun tidak mutlak menjadikan seni sebagai pekerjaan anda, melainkan lebih menunjukan Siapa Diri Anda.

One thought on “Musiik???!!! Apakah Kamu Bisa Hidup Dengan Musik?”

Salam Hormat...., Jika teman-teman ingin merespon atau bertanya, mohon sopan santun serta tata krama dalam menulis yaaah :) , terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s