Panduan Belajar Biola Untuk Pemula


Ingin bermain biola? – biola itu susah lho!, terlebih jika tidak ada yang membimbing atau tidak memiliki panduan. Tetapi mungkin, melalui langkah / panduan / tutorial belajar biola (secara online) yang saya sediakan lewat tulisan serta video disini dapat membantu saudara-saudari sekalian.

Oke jadi gini, hal pertama yang sering membuat bingung mereka pada saat ingin belajar bermain biola adalah : apa yang harus dilatih pertama kali? Continue reading Panduan Belajar Biola Untuk Pemula

Tips Membentuk Organis (Musisi) Gereja


Saya sadar, ketika mengkritisi tentang Kemanakah Perginya Musisi Gereja, maka sebaiknya harus didukung dengan solusi, karena itu, saya mencoba memberikan pandangan atau cara (menurut saya), tentang bagaimana membentuk Organis Gereja.

organist2c_first_omagh_church_-_midday_christmas_2009_-_geograph-org-uk_-_1632643

[1] Siapa yang dapat membina / melatih

@ Tentukan siapa saja yang dianggap cukup berpotensi untuk menjadi “pelatih”. Alangkah baiknya jika terdapat 2 atau 3 orang.

@ Syarat utama pelatih : harus mau berkorban waktu dan tenaga untuk memberikan apa yang menjadi kemampuannya. Continue reading Tips Membentuk Organis (Musisi) Gereja

Musiik???!!! Apakah Kamu Bisa Hidup Dengan Musik?


DSCN6434Judul tulisan ini sebenarnya berasal dari kalimat seorang pastor berwarga negara belanda, yang di lemparkan keras kedalam kepalaku pada februari 1999…, ketika itu saya hanya membalas ucapannya dengan senyuman manis (sedikit dongkol), tetapi seiring berlalunya waktu, akhirnya saya memahami maksud beliau, sebab beliau seorang pecinta musik klasik, ungkapannya semata hanya untuk menguji kesungguhan hati, tentang apa yang saya inginkan.

Andapun tentu pernah menjumpai sejumlah ungkapan dengan makna yang tidak jauh berbeda dengan ungkapan diatas, seperti… ngapain kamu belajar musik? ; ngapain kamu belajar melukis? ; ngapain kamu belajar menari?, dsb; ataau, sejumlah pertanyaan menyangkut bidang seni lainnya yang sering diawali dengan kata : untuk apa?, pentingkah?… dsb. Continue reading Musiik???!!! Apakah Kamu Bisa Hidup Dengan Musik?

Knowledge is not skill, knowledge plus 10.000 repetitions creates skill – (Sinichi Suzuki)