Belajar Biola

Panduan Dasar Belajar Bermain Biola

(Untuk Remaja – Dewasa)

______________________________________

Mohon maaf, topik belajar biola pindah ke :

http://tipsbiola.blogspot.com

Dengan pembahasan yang lebih luas lagi. Terima Kasih

_______________________________________

Pendahuluan Dan Tujuan

Secara otodidak, piano dan gitar dapat dipelajari seseorang hanya dengan melihat orang lain bermain. Tetapi saat kita dihadapkan pada sebuah instrumen musik yang tidak memiliki grip (pembatas nada seperti yang terdapat pada gitar), pertanyaan terbesar orang awam adalah “bagaimana membunyikan nadanya? kan tidak ada gripnya?…”, ini sebuah keunikan yang sebenarnya merupakan tantangan.

Melalui web blog ini, saya mencoba berbagi informasi kepada teman-teman yang ingin belajar bermain biola tetapi tidak memiliki petunjuk sebagai panduan. Apa yang diuraikan disini merupakan cara mengajar saya (pengembangan dari para guru saya), yang dipadukan (dirangkum) dengan sejumlah metode dari berbagai sumber.

Akan tetapi, panduan dasar belajar bermain biola pada blog ini dibatasi hanya untuk remaja (-+ 15 s/d 17 tahun) hingga orang dewasa. Sedangkan anak dibawah usia remaja, saya sarankan untuk memiliki/mencari seorang guru.

Selanjutnya…

disini teman-teman dituntut sudah bisa membedakan tinggi rendahnya nada dalam lintasan nada paling dasar yaitu “solmisasi” atau “do-re-mi-fa-so-la-si-do”, yang disebut sebagai tangga nada. Asumsinya, teman-teman sekalian saya anggap sudah cukup mengerti notasi angka, serta bisa (bukan mahir) mendengar dan membunyikan kembali dengan suara sendiri (menyanyikan) bagaimana bunyi nada do, re, mi,… dan seterusnya.

Harapan saya semoga apa yang diuraikan disini dapat menjadi petunjuk/informasi yang cukup baik bagi anda yang ingin belajar biola secara mandiri. Saya berterima kasih dan sangat menghargai komentar dan respon pengunjung, agar panduan belajar biola pada web blog ini dapat menjadi sumber informasi yang baik. Semoga Bermanfaat.

Salam Hormat

65 thoughts on “Belajar Biola”

  1. Pengunjung yang baik hatinya…., selama kurang lebih 1 bulan ke depan, kolom respon saya tutup. Bagi pengunjung yang hendak bertanya, harap disimpan dulu pertanyaannya hingga pada waktunya.

    Hal ini dikarenakan saya sedang dalam penggarapan untuk memindahkan topik belajar biola pada webblog yang baru http://belajarbiola.wordpress.com/. Sehingga sejumlah pertanyaan yang berkaitan erat dgn “belajar biola” akan turut pindah (tanpa menghapus respon anda yang ada disini), dan akan masuk ke dalam halaman topik tersendiri, dalam webblog http://belajarbiola.wordpress.com/.

    Hal ini penting, karena :

    pertama : memudahkan saya dalam mengontrol (mengelompokkan), serta menanggapi setiap respon yang masuk;

    kedua : melengkapi kekurangan pada blog ini, serta menambah referensi belajar bagi kita semua;

    ketiga : memudahkan pengunjung dalam mencari jawaban atas pertanyaan mereka;

    keempat : menghindari munculnya pertanyaan yang sama.

    Kelima : meringankan kerja webblog itu sendiri jika mendapat banyak kunjungan – alias loading.nya jadi sedikit lebih ringan.

    Jika ada pertanyaan/respon anda yang belum sempat saya tanggapi, mohon maaf sebelumnya yaah…, saya sangat sibuk sehingga belum ada kesempatan yang baik untuk duduk tenang dalam merespon pertanyaan anda. Tetapi dalam waktu dekat, seiring mempersiapkan blog yang baru, respon anda disini akan segera saya tanggapi.

    Mohon kesabarannya, dan terima kasih atas perngertiannya.
    Salam Hormat.

    Ruland.

  2. ternyata lumayan susah bgt ya? walaupun baru belajar ngek ngok ngek ngok… tapi makin tertantang.. sukses terus utk pmbuat blognya..

  3. saya baru membeli biola 11 bulan yang lalu.. awalnya saya tidak bisa dan belum pernah memegang biola sama sekali. saya belajar tanpa guru.. hanya secara otodidak.. dan akhirnya saya bisa memainkan lagu² melalui biola.. namun, saya masih bingung bagaimana caranya supaya suara biola itu bergetar/melengking? tolong beritahu saya. terima kasih

    1. Hi Lyra….
      mmmm sy masih ragu dengan maksud Lyra mengenai suara biola bergetar/melengking,,, kalo bergetar apakah mungkin maksudmu “jarinya bergoyang” dan mengasilkan suara yang terdengar “bergetar”, apakah seperti yang ada di video ini kah?

      Kalau iya… itu namanya vibrato… jari tangan kiri yang digerakkan agar menghasilkan suara seperti itu…

  4. Kalo saran saya sih, walupun udah dewasa mending pake guru untuk awal-awalnya. Soalnya kalo pemula yang ditakutkan itu megang sama cara geseknya salah. Kalo udah kebiasaanM susah betulinnya

  5. waaaah, ini hari pertama saya megang biola. da blog ini sangat membantu. tarimo kasih bana bang.

    1. Enaknya Sudah Punya Biola… Pengen … Berapa harga bila kk ?? merknya apa ??

  6. maaf saya mau nanya , kalau masih pemula sebaiknya belajar biolanya dimulai dari mana dulu ya mas ? trimakasih..

  7. saya sudah mau 1 sma… apa sudah terlambat bagi saya belajar main biola ??
    saya dari kecil sangat suka music classicc namun ga pernah liat secara langsung alat musicnya.. hehehe
    terutama yg saya sukai piano dan biola….
    saya berpiriran untuk membeli biola…
    apakah diumur saya yg sudah 15 tahun ini masih bisa belajar main biola ??

  8. Makasih infonya🙂 Bermanfaat banget🙂
    Saya sih baru mau belajar biola. Tapi saya takut engga ngerti nanti apa yang kata pak guru ajarin. Yah, saya minta doanya aja buat dilancarin dan semoga cepet bisa🙂 Makasih🙂

  9. k, mw ty nih, esensi y megang bow itu bkn y supaya tangan kita bisa brtahan lama dlm mmainkan biola,? Dn knpa mesti ky gtu, klo yg pnting tgn kita nyaman saat mmegang y, mnurut kaka gmn,.?

  10. Halo Pak Ruland, aku berniat main biola nih, kira2 jenis biola yg cocok buat pemula merek apa yah? trus range harganya berapa?
    Thanks yah..

    GBU

  11. saya maw tanya, saya baru berminat belajar biola, saya bingung harus beli biola apa/?
    kalau biola merk mahogani gmn kualitasnya?
    mohon saran na biar ga salah beli,.
    terima kasih

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

%d bloggers like this: