Belajar Biola 02 – Mengenal Biola Dan Cara Menyetem

Mohon maaf, semua topik tentang belajar biola pindah ke :

http://tipsbiola.blogspot.com

Dengan pembahasan yang lebih luas lagi. Terima Kasih

_______________________________________

Penalaan (Menyetem) Biola

@ Biola dapat di tala (distem) dengan bantuan keyboard psr 2100 (atau tipe lainya).

@ Nada G (senar G) pada biola bunyinya harus terdengar sama dengan nada G seperti yang ditunjukkan pada keyboard. Hal ini berlaku untuk ketiga senar lainnya (D, A dan E).

@ Tuning peg di putar (Gambar 1) ke depan : untuk menaikkan nada (mengencangkan senar), ke belakang : untuk menurunkan nada (mengendorkan senar).

100 thoughts on “Belajar Biola 02 – Mengenal Biola Dan Cara Menyetem”

  1. mas artikel wordpress nya lengkap nih..😀
    mas ku boleh nanya…
    swaktu nyetem biola sering banget tuh mas senar-E nya putus,,.gmna cara ngatasi nya tuh mas..? udah sering dlonggarkan kalo habis latihan …eh eh ujungya putus juga hahahhaha😀
    apa senar nya emank gak b kualitas (15ribu-45ribu gitu harganya mas) ato sayanya yg gak bkualitas megang tuning peg…tekooooooor boook😀

  2. kalo awal2 main biola pegel tangan sebelah yaa hehehehe,,
    mau nanya nih mas kalo untuk jago main biola diperlukan berapa lama ya? , saya belajar otodidak juga,, tutorial dari mas sangat bermanfaat

    1. 🙂 … iya pasti pegel…, ntar klo yang pegel udah terbiasa, pasti gantian yang lain yg pegel hehehehe

      “Jago” itu relatif kok,… klo Untuk dasar yg baik sekitar 2 tahun, kalo mau lebih jago dari itu yaa pasti lbh dari yang bisa kita perkirakan…, tetapi juga tergantung seberapa banyak kita berlatih, dan harus tiap hari (minimal 2 jam/hari).

Comments are closed.

%d bloggers like this: