Belajar Biola 08 – Teori Musik

____________________________

Topik belajar biola pindah ke :

http://tipsbiola.blogspot.com

Dengan pembahasan yang lebih luas lagi. Terima Kasih

_______________________________________

Teori Musik Penuntun

Gambar – Petunjuk Nama Nada

@ Nama nada – menggunakan huruf abjad A s/d G (A B C D E F dan G).

@ Simbol # dibaca kruis.

  • Simbol ini digunakan untuk menaikkan nada setengah laras.
  • Jika sebuah nada, misalnya F ditambahkan #, menjadi F# maka dibaca F kruis, atau hanya ditambahkan akhiran “is”, menjadi Fis.
  • Setiap nada yang sudah mendapat tambahan tanda #, menunjukkan bahwa nada tersebut telah dinaikkan ½ (setengah) laras / setengah nada.

9 thoughts on “Belajar Biola 08 – Teori Musik”

  1. satu itu maksudnya jumlah yang dihasilkan dari # + # = 1 pada tangga nada kibord atau lebih jelasnya setengah tambah setengah = satu,,,,,, semoga mengerti dan membantu.

  2. Terimakasih Pak atas tulisannya dan saya copy saya tunggu kreatifitas Bapak selanjutnya Yunarka BMKG Yogyakarta HP 085228778323

  3. mohon pencerahannya mas
    kan diatonic scale itu : 1-1-1/2-1-1-1-1/2
    yang pengen saya tau nilai untuk “1” itu 1 apa??? 1 meter(m)? 1 kilogram(kg)? 1 decibel (db)?
    kan bingung juga klo ada yg bilang “jaraknya 1”, persepsi kita kan bisa aja langsung kepikiran satuannya apa? toh diantara nada chromatic kan masih ada micro interval tone. misal dari C4 ke C#4 frekuensinya kan 440,000 hz – 466,164 berarti masih ada kemungkinan 26.164 pilihan micro tune itupun kalo desimalnya diambil 3 angka di belakang koma.

    ada yg bilang 1 itu loncatin satu nada, coz klo langsung ke nada yg diloncatin nilainya setengah, nah jadi kalo lewat 2 nada berarti nilanya jadi 1 1/2 alias 3/2 alias 1,5..klo itu menurut saya sebuah penyederhanaan aja, tapi nilai 1 dan setengah itu saya yakin sebuah nilai pasti, coz semua nada dasar memainkan interval yang sama. berarti ada sebuah teknik menhitung tertentu yg menghasilkan komposisi tu : 1-1-1/2-1-1-1-1/2 atau 1/2-1/2-1/2…/2-1/2-1/2dst (kan scale gak cuman diatonic doang hehe, tapi basic semuanya berasal dari interval diminished second)

    jadi mohon dijelaskan bagaimana kita mendapatkan nilai 1 dan setengah secara matematis dan ilmiah..🙂

    1. Sebenarnya jarak 1 atau setengah saya rasa sudah sangat jelas di halaman sebelumnya, bahwa saya kaji dari segi visual, dan itu jarak satu adalah sebutan yang digunakan secara visual… kalau mau diperhitungkan secara ilmiah/matimatis, dari frekuensinya emang benar, dan sebenarnya masih terdapat nada diantara C dan C#, tapi tidak semua orang bisa membunyikannya…, mungkin manusia tahun 3000 bisa membunyikan dengan suaranya sendiri😀

      Tapii, sebelumnya saya mohon maaf, meskipun saya tahu dan sedikit mengerti bahwa musik sangat erat hubungannya dengan matimatika, tetapi jujur saja bidang saya bukan disini, jadi saya tidak bisa memberikan pencerahan apapun secara matimatis dan ilmiah. Soalnya saya seniman, bukan ilmuwan😀 jadi maaf saya tidak bisa memberikan jawaban sesuai dengan apa yang diharapkan…

      Salam.

      1. oia ya ada di halaman sebelumnya..hehe
        tapi kan kalo secara visual gak jadi ukuran “1” yang sama rata,,fret guitar aja kan semakin ke arah tune hole semakin kecil jaraknya, mungkin sama juga ya di biola juga???kan sama2 strings…saya berasumsi baris nada pada biola itu ada hubungannya dengan baris logaritma, ntar ya saya mau nyoba ngitung dulu..hehe

        mengenai kalimat yang ini saya setuju banget:
        “dan sebenarnya masih terdapat nada diantara C dan C#, tapi tidak semua orang bisa membunyikannya…,”
        kan saya udah bilang mas
        misal dari C4 ke C#4 frekuensinya kan 440,000 hz – 466,164 berarti masih ada kemungkinan 26.164 pilihan micro tune itupun kalo desimalnya diambil 3 angka di belakang koma.
        saya tambahin, dan setiap orang pasti bisa membunyikannya, apalagi pemaen biola..kan biola alat musik fret less, guitar aja bisa tinggal bending aja mas, dapet tuh nada antara C ma C# iya gak????..hehe

        1. ukuran “1” itu hanya gambaran untuk mengukur jarak . tidak bisa di samakan dengan cm atau m karena tidak semua jarak antar nada dapat dihitung dengan satuan matematika . semoga membantu .

Comments are closed.

%d bloggers like this: